PELAJAR INDONESIA IKUTI KEJUARAAN DEBAT DUNIA DI JERMAN

Stuttgart, Kemendikbud — Kejuaraan debat pelajar tingkat dunia atau World Schools Debating Championship (WSDC) kembali dilaksanakan. Lomba debat bahasa Inggris antarsekolah menengah atas sedunia ini dilaksanakan di Stuttgart, Jerman. Indonesia mengirimkan empat pelajar, yaitu Jovanovick Luidaniel (SMA Sutomo 1 Medan), Vincentius Michael (SMAK 1 BPK Penabur Bandung), Gregory Jany (Sekolah Pelita Harapan Lippo Village), dan Mohammad Ilham Koesoema (SMAN 3 Bandung).

WSDC 2016 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Parlemen Eropa, Rainer Wieland, pada hari Rabu (20/7/2016) malam, pukul 18.00 waktu setempat atau pukul 23.00 WIB. Dalam sambutannya Rainer berpesan agar orang-orang lebih banyak berbicara satu dengan lainnya; bukan membicarakan satu sama lain. Acara pembukaan dimeriahkan oleh penampilan musik orkestra dari sebuah sekolah di Stuttgart. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama seluruh delegasi negara peserta di Seidenstrasse Restoran Maritim Hotel, Stuttgart.

Selain iringin musik orkestra bergaya eropa, sebanyak 500 peserta dari delegasi 55 negara ini juga dihadirkan Alexander Hartman, seorang public speaker profesional yang terkenal di Jerman. Alexander bahkan memiliki acara televisinya sendiri yang ditayangkan secara internasional. Hartman yang merupakan pedebat semasa sekolah menceritakan betapa hebatnya kekuatan public speaking. Menurut Hartman, secara umum setiap orang dipengaruhi oleh 4 hal yaitu imajinasi (imagination), fisiologi (physiology), pengalaman (experience), dan keyakinan (belief).

Pertandingan debat dilaksanakan di 28 sekolah di Stuttgart. Sekolah yang dikunjungi tim Indonesia di antaranya adalah Friedrich-Eugens- Gymnasium, Albert-Schweitzer-Gymnasium Neckarsulm, Max Born and Max Eyth Gymnasium Backnang, dan Friedrich-Schiller-Gymnasium Ludwigsburg. Selain terdiri dari empat pelajar SMA, delegasi Indonesia untuk WSDC 2016 juga termasuk Roderick Sibarani (Universitas Indonesia) dan Rivera Kathrin Windra (Universitas Bina Nusantara) yang berperan sebagai pelatih dan pendamping.

WSDC ke-28 ini diikuti oleh 56 negara, antara lain Argentina, Australia, China, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Inggris, Jerman, Yunani, Hongkong, Hungaria, India, Indonesia, Irlandia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Mexico, Belanda, Selandia Baru, Nigeria, Pakistan, Palestina, Peru, Filipina, Qatar, Rumania, Afrika Selatan, Sri Lanka, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, Turki, Arab Saudi, dan Amerika Serikat. Jerman menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya setelah pertama kalinya pada pelaksanaan WSDC tahun 2004 silam.

Sumber : http://www.kemdikbud.go.id/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *